Allah Yang Memberi Makan Orang Sakit

Menyadari hadis riwayat At-Tirmidzi rahimahullahu ta’ala yang disahihkan oleh Syaikh Albani, ketika Nabi bersabda, ‘Jangan memaksa orang sakit untuk makan dan minum, karena Allahlah yang memberi makan dan minum.’ Para ulama menafsirkan dari hadis ini bahwa orang sakit tidak boleh dipaksa untuk makan dan minum. Ketidaknafsuannya untuk makan, lidah yang pahit, dan demam adalah bagian dari ritme tubuh yang Allah ciptakan untuk orang sakit. 

Namun, ini bukan berarti mereka tidak boleh makan sama sekali. Sebaliknya, makanan harus dijadikan sebagai obat. Misalnya, jika seseorang memiliki penyakit dengan sifat dingin, seperti tipes, dia tetap boleh makan, tetapi makanan tersebut harus dipilih yang bersifat panas. Tidak bijaksana memerintahkan orang yang menderita tipes untuk banyak minum air dingin. Sebaliknya, rendaman timun atau jus semangka yang bersifat dingin sebaiknya dihindari.

Para ulama mengambil konsep pengobatan dari firman Allah ketika Nabi Ibrahim dilemparkan ke dalam api. Allah berfirman kepada api, ‘Jadilah kamu dingin.’ Allah tidak hanya berhenti pada dingin, tetapi juga 'dan keselamatan bagi Nabi Ibrahim' agar tidak meninggal karena kedinginan. 

Jadi, memberikan sesuatu yang bersifat dingin kepada orang yang sedang sakit dingin dapat membahayakan dan bahkan berpotensi menyebabkan komplikasi hingga kematian. Allahlah yang memberi makan dan minum. Cara Allah memberikan makan dan minum adalah dengan mengatur sel darah putih (leukosit) untuk melawan bakteri ketika seseorang sedikit makan. Dengan demikian, darah menjadi lebih encer dan beredar ke seluruh tubuh, membawa oksigen dan nutrisi secara maksimal. Semua ini adalah hikmah yang patut kita renungkan.

Simak Video Selengkapnya di Jangan Paksa Makan Orang Sakit

📱 JOIN US 
Whatsapp :
Pria (Ikhwan) :
https://chat.whatsapp.com/87nOuFobTPMF8fg4sputuk
Wanita (Akhwat) :
https://chat.whatsapp.com/EFKyhTcUNkhIfltJZSV5vl
Telegram :
https://t.me/moslemnextgeneration
Kontak MNG
https://moslemnextgeneration.com/p/kontak.html
📸Dipersilahkan join dengan channel FB/IG/YT/TG/TW abdurrahman dani
〰〰〰〰〰〰〰

🔸🔶 DONASI OPERASIONAL DAKWAH MNG 🔶🔸
Ambil kesempatan amal jariyah dan pahala yang mengalir melalui

BANK SYARIAH INDONESIA
7208885884
A/N Moslem Next Generation

📱Konfirmasi
0858-1666-1792 
Admin MNG 

〰〰〰〰〰〰〰
📡 Disebarkan dan diedit oleh :
Grup📱WA • MNG•
(Moslem & Moslemah Next Generation)
مــــجموعــــة شـــباب الــــغد
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url